Mengetahui Arah Mata Angin dengan Jam Tangan


Mengetahui Arah Mata Angin dengan Jam Tangan

Dalam sebuah penjelajahan di alam liar, sering kita kesulitan mengetahui arah mata angin apabila tidak membekali diri dengan Kompas petunjuk arah. Tetapi hal tersebut bisa di tanggulangi dengan peralatan sederhana yang selama ini kita tahu alat tersebut hanya untuk petunjuk waktu, yakni jam tangan! Ya, jam tangan selain sebagai petunjuk waktu juga bisa untuk petunjuk arah sederhana. Caranya?

  1. Perhatikan angka 1 - 12 yang ada di arloji Anda, jika Anda menggunakan arloji digital, Anda cukup membayangkan saja bentuk arloji analog.
  2. Arahkan angka 12 tepat ke arah Matahari berada. ( angka, bukan jarum ) 
  3. Perhatikan sekarang jam berapa? Kemudian Anda lihat jarum pendek. Tengah - tengah antara jarum pendek dan angka 12 pasti menunjuk ke arah utara.

Contoh: Sekarang jam 09.00. Anda arahkan angka 12 ke Matahari, jika sudah, perhatikan jarum pendek yang menunjuk angka 9. Di tengah - tengah antara angka 9 dan 12 akan selalu menunjuk arah utara. 

**Teknik ini bisa di gunakan hanya ketika Matahari muncul saja yang berarti harus dilakukan di siang hari, dan sepertinya Anda akan menemui kesulitan jika Anda menggunakan pada jam 12 tepat.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]