Istilah - Istilah Jaringan Telekomunikasi dan Internet

Saat ini adalah eranya internet. Semakin banyak paket-paket internet yang ditawarkan oleh provider telekomunikasi di Indonesia. Selain itu banyak istilah-istilah yang masih asing bagi sebagian orang. Pada artikel berikut akan dijelaskan istilah-istilah jaringan internet atau istilah telekomunikasi telepon yang sering digunakan agar Anda memiliki gambaran dan dapat melakukan pilihan atas layanan telekomunikasi yang ditawarkan.

Istilah - Istilah Jaringan Telekomunikasi dan Internet

Apa itu 1G?
1G = “G” adalah singkatan Generation atau generasi. 1G atau First Generation adalah generasi pertama jaringan telepon selular. Sistem ini masih menggunakan sistem analog.

Apa itu 2G?
2G atau Second Generation adalah teknologi selular generasi kedua. Teknologi ini menggunakan sistem digital dan menggantikan teknologi analog yang digunakan pada 1G. Teknologi ini memungkinkan pengguna bukan hanya dapat melakukan pembicaraan telepon namun juga mengirimkan teks atau SMS.  Yang termasuk dalam kategori teknologi 2G adalah teknologi GSM dan CDMA2000 1xRTT.
Selain teknologi 2G, terdapat juga teknologi 2.5 G atau dikenal dengan GPRS dan teknologi 2.75G atau EDGE. Dengan munculnya teknologi GPRS dan EDGE memungkinkan pengguna bukan hanya melakukan komunikasi melalui suara dan teks saja, namun juga melalui layanan data, seperti internet atau MMS (Multimedia Messaging Service).

Apa itu 3G ?
3G atau Third Generation Technology adalah teknologi digital generasi ketiga yang memiliki kemampuan transfer data lebih cepat dari 2G. Teknologi 3G terkadang dikenal dengan nama UMTS atau W-CDMA yang digunakan pada handphone atau perangkat komunikasi yang berjalan di jalur GSM. Bagi handphone atau perangkat komunikasi  yang menggunakan jaringan CDMA, teknologi 3G yang digunakan bernama CDMA2000 1xEV-DO. Sebuah teknologi seluler dapat dikatakan 3G apabila memiliki kecepatan downlink minimal 384 kbit/s.

Apa itu 4G?
4G atau Fourth Generation adalah teknologi penerus 3G yang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dan lebih baik. Yang termasuk dalam generasi 4G adalah LTE dan WiMAX. Salah satu penyedia jasa layanan 4G di Indonesia adalah Sitra Wimax, namun saat ini areanya masih sangat terbatas dan layanan ini belum dapat mobile atau dibawa berpegian, jadi  untuk sementara teknologi 4G di Indonesia belum dapat digunakan pada handphone.

Apa itu GSM (Global System for Mobile Communications atau dikenal juga sebagai Groupe Sp├ęcial Morbile)?
GSM adalah teknologi jaringan nirkabel yang dikembangkan di Eropa dan kini digunakan hampir diseluruh belahan dunia. GSM termasuk dalam teknologi telepon generasi kedua (2G) yang menggunakan teknologi digital untuk menggantikan sistem analog yang digunakan pada generasi pertama (1G).
Teknologi ini mengirimkan sinyal (data) yang dibagi berdasarkan waktu atau sering disebut juga timeslot. Secara sederhana, apabila pengguna sedang melakukan panggilan telepon, maka pengguna tersebut sedang menggunakan “timeslot”.
Apabila  jaringan GSM sedang sibuk akibat banyak pengguna yang menelpon dalam waktu bersamaan yang mengakibatkan sistem penuh dalam artian semua “timeslot” telah digunakan, maka pengguna yang lain tidak akan dapat atau sulit melakukan panggilan sebelum ada pengguna lainnya yang telah menyelesaikan panggilan. Disinilah letak kekurangan teknologi GSM. Namun disisi lain kualitas komunikasi yang ditawarkan teknologi GSM cenderung lebih baik jika dibanding  CDMA (jika dalam kondisi sama-sama sistem sedang penuh).
Saat ini jaringan GSM bekerja pada frekuensi  850MHz, 900MHz, 1800MHz dan 1900MHz. Handphone yang dapat berjalan di keempat frekuensi dinamakan quad band phone, kalau hanya tiga diantaranya dinamakan tri band dan jika hanya dua dinamakan dual band.
Handphone dual band tidak dapat digunakan di semua Negara. Contohnya ponsel dual band yang bekerja di jaringan GSM 900 / 1800 MHz tidak akan berfungsi di Negara yang menggunakan jaringan, misalnya 850 / 1900 MHz. Oleh karena itu, jika Anda berencana berpegian ke luar negeri, sebaiknya membawa handphone Quad Band.

Apa itu Code division multiple access (CDMA)?
Teknologi CDMA adalah teknologi jaringan selular nirkabel yang membagi atau memisahkan setiap panggilan telepon menggunakan kode-kode khusus dan tidak berdasarkan waktu seperti pada teknologi GSM. Karena menggunakan kode-kode khusus, kemungkinan terjadinya komunikasi bocor atau salah sambung semakin kecil dan mungkin tidak ada. Sistem pengkodean ini pada awalnya digunakan di dunia militer namun saat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat banyak.
Karena tidak menggunakan satuan waktu, jaringan CDMA memiliki kelebihan tetap dapat melakukan panggilan secara bersamaan walaupun jaringan atau sistem sedang penuh. Namun CDMA bukan tidak memiliki kekurangan, karena semakin penuh jaringan, maka kualitas komunikasinya pun dapat menurun, misalnya suara tidak terdengar dengan jelas, terputus-putus, dll.

Apa itu GPRS (General Packet Radio Service)?
sering juga disebut teknologi 2.5G. GPRS sendiri memiliki beberapa class, mulai dari class 2 hingga class 32. Semakin besar class maka semakin cepat koneksinya. Kecepatannya bervariasi antara 56-114 kbit/second untuk kecepatan download. Kecepatan upload-nya pada umumnya lebih rendah.

Apa itu  EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) ?
dapat disebut teknologi 2.75G. EDGE juga dikenal sebagai Enhanced GPRS (EGPRS) atau pengembangan teknologi GPRS. Kecepatan transfer datanya 236 kbit/s, namun secara teori bisa mencapai 473 kbit/s. Secara teori juga, sebenarnya EDGE sudah dapat dikategorikan sebagai teknologi 3G. Namun, pada kenyataannya kecepatan saat menggunakan jaringan EDGE seringkali dibawah kecepatan tersebut.

Apa itu UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) ?
UMTS termasuk sebagai teknologi 3G dan terkadang disebut juga W-CDMA (Wideband Code Division Multiple Access) karena berbagi saluran atau channel dengan jaringan CDMA.  Jika Anda melihat handphone dengan spesifikasi berjalan di jaringan WCDMA, berarti HP tersebut adalah handphone yang menggunakan kartu GSM yang dapat berjalan di jalur W-CDMA dan bukan berarti ponsel tersebut dapat digunakan untuk provider CDMA seperti Esia, Fleksi, Starone, Fren, dll.
UMTS memiliki kecepatan transfer data 384 kbit/s bila digunakan pada handphone 3G “generasi awal” dan kecepatan 7.2 Mbit/s bila digunakan pada handphone yang dapat berjalan di jaringan HSDPA.
Jika Anda membaca spesifikasi handphone berjalan di jaringan UMTS maka kemungkinan handphone tersebut adalah handphone 3G yang memiliki kecepatan transfer data maksimum 384 kbit/s. Karena pada umumnya bila sebuah HP dapat men-download dengan kecepatan hingga 7,2 Mbit/s, maka pada spesifikasi akan ditulis jaringan berjalan di HSDPA dan bukan UMTS.

Apa itu HSPA (High Speed Packet Access)?
HSPA sudah tergolong teknologi 3.5G. HSPA sendiri sebenarnya terdiri dari HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access), namun biasanya yang ditulis pada spesifikasi handphone hanyalah HSDPA saja. HSDPA menandakan kecepatan downlink (download), sedangkan  HSUPA menandakan kecepatan uplink (upload).
HSPA merupakan pengembangan dari teknologi W-CDMA (UMTS) yang ada dan memiliki kecepatan hingga 14 Mbit/s untuk downlink dan 5.8 Mbit/s untuk uplink.

Apa itu LTE (Long Term Evolution) dan WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)?
LTE dan WiMAX dikategorikan sebagai teknologi 4G. Keduanya dibangun menggunakan teknologi yang serupa namun tidak saling kompatibel. LTE memiliki kecepatan transfer data hingga 100 Mbit/s downlink dan 50 Mbit/s uplink. Sedangkan WiMAX memiliki kecepatan 128 Mbit/s downlink dan 56 Mbit/s uplink.

Apa itu EV-DO (Evolution-Data Optimized atau kadang disebut Evolution-Data only)?
EV-DO termasuk ke dalam teknologi 3G. Teknologi EV-DO pada umumnya digunakan pada handphone yang berjalan di jaringan CDMA. EVDO memiliki kecepatan transfer data hingga 2.4 Mbit/s untuk EV-DO Rev. 0; untuk EV-DO Rev. A memiliki kecepatan hingga 3.1 Mbit/s dan EV-DO Rev. B memiliki kecepatan hingga 14.7 Mbit/s.

CATATAN
Kecepatan transfer data diatas menggunakan satuan kbit/s atau kbps atau kilobit per second (per detik). Satuan ini berbeda dengan KB/s atau kilobyte per second. 1 KB (kilo byte)= 8 kb (kilo bit). Jadi, kalau disebutkan kecepatan download hingga 153 kbps, maka kecepatan tersebut sama dengan 153:8 = 19,1 KB/s.
Apabila Anda ingin mendownload sebuah file dari internet, biasanya akan tertulis besar file tersebut dalam satuan megabyte (MB). 1 megabyte = 1024 kilobytes = 8192 kilobits. Jadi, jika Anda ingin mendownload file sebesar 1 megabyte (1024 KB) di jaringan berkecepatan 153 kbps, maka waktu yang dibutuhkan bukan 1024:153 = 6,7 detik, namun waktu yang dibutuhkan sebenarnya adalah 1024:(153:8)= 53,6 detik.
Kecepatan download atau upload dipengaruhi dari kondisi sinyal dan bisa juga dipengaruhi dari berapa banyak pengguna yang mengakses internet secara bersamaan. Jadi, walaupun pada modem atau handphone tertera koneksi 3G, namun tidak akan menjamin kecepatan download mencapai minimal 384 kbps. Bisa saja kecepatan yang dapat diraih hanya sebatas 56 kbps atau setara dengan kecepatan GPRS.

Apa itu Kuota / Quota Paket Internet Unlimited?
Mungkin Anda pernah membaca paket internet unlimited dengan kuota 500MB. Saat membacanya mungkin akan sedikit membingungkan, paket unlimited tapi kok diberikan kuota atau dibatasi. Yang dimaksud kuota disini adalah Anda dapat menggunakan layanan internet dengan kecepatan normal atau high speed hingga kuota 500MB, apabila telah melewati 500MB, maka Anda masih dapat mengakses internet sepuasnya (unlimited) namun kecepatan akses internet Anda akan diturunkan atau menjadi lebih lambat.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]