5 URL Expander Untuk Mengecek URL Yang Disingkat

5 URL Expander untuk Mengecek URL yang Disingkat

URL shortened atau URL yang dipersingkat sering dijadikan alat oleh spammer untuk menyamarkan link-link berbahaya atau penipuan jebakan untuk mengarahkan user ke situs berbahaya. Apalagi sekarang layanan URL shortened banyak dipakai di social media. Kemungkinan Anda mengklik link berbahaya terbuka lebar. Salah-salah klik, maka komputer berisiko terkena program jahat atau Anda nyasar ke situs phishing.

Daripada menduga-duga apakah sebuah link aman atau tidak, ada baiknya Anda mengeceknya terlebih dahulu sebelum mengkliknya agar terhindar dari ancaman phishing, malware dan virus. Lalu mengapa kita perlu mengecek URL shortened sebelum mengkliknya?
1. URL asli mungkin saja mengandung malware yang dapat membahayakan komputer Anda
2. Untuk memeriksa apakah URL tersebut mengandung konten pornografi
3. Untuk melakukan cross-check apakah Anda mengirimkan link yang benar kepada bos, klien atau teman Anda
4. Untuk memeriksa link afiliasi yang Anda share di website atau blog Anda

Cara untuk mengecek URL asli dari URL shortened adalah dengan menggunakan layanan URL expander. Berikut ini 5 acuan layanan URL expander yang bisa Anda gunakan.

1. LongURL
Selain bisa menunjukkan URL asli dari URL shortened, LongURL juga menyajikan informasi berupa Meta Keywords dan Meta Description sehingga petunjuk yang Anda dapatkan sebelum mengklik sebuah klik lebih lengkap. LongURL menggunakan standard API untuk berbagai layanan URL shortening. Beberapa layanan URL shortening yang support dengan layanan ini antara lain: tinyurl.com, is.gd, ping.fm, ur1.ca, bit.ly, snipurl.com, tweetburner.com, metamark.net, url.ie, x.se, 6url.com, yep.it, piurl.com dan masih banyak lagi.

2. Where Does This Link Go
Disain web page layanan ini sangat minimalis dan sederhana. Sesuai fungsinya, dengan layanan ini Anda dapat melihat URL asli dari URL shortened.

3. URL X-ray
Ini adalah salah satu layanan URL expander untuk mengecek URL asli, dengan disain tampilan berlatar belakang hitam. URL X-ray juga menyediakan bookmarklet yang dapat diinstal secara gratis di browser. Bookmarklet adalah sebuah program yang akan terinstal pada toolbar bookmark browser untuk mempermudah Anda mengidentifikasi URL shortened yang ada di web.

4. LinkPeelr
LinkPeelr juga merupakan layanan URL expander untuk melihat URL yang sebenarnya. Cukup masukkan URL shortened yang ada, selanjutnya akan dimunculkan link asli dari URL tersebut.

5. Sucuri
Sucuri adalah sebuah layanan online gratis yang dapat memperlihatkan URL asli dari sebuah URL shortened. Cukup masukkan URL shortened yang ingin Anda lihat. Bahkan Sucuri dapat memberikan rujukan apakah konten URL asli tersebut aman atau tidak dengan menggunakan bantuan Google Safe Browsing.


[Talenta Nanda]

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 1 komentar... read them below or add one }

Blogger mengatakan...

Did you know that you can create short links with BCVC and earn cash from every visitor to your short links.

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]