Macam-macam Kode Error pada Internet dan Pengertiannya

Terkadang saat sedang asik browsing di internet, entah itu saat membuka sebuah halaman website, membuka email, mendownload file dan aktivitas lainnya, tiba-tiba muncul pesan error pada halaman web yang sedang aktif. Kode error-nya pun bermacam-macam dengan kode yang berbeda. Nah, lebih baik jika sobat mengenal jenis-jenis error pada internet serta pengertiannya, sehingga tahu langkah apa yang harus diambil untuk mengatasinya.


Kode Error pada internet dan penjelasannya

Kode Error 400
400 artinya adalah kode untuk Bad Requset Error. Periksa terlebih dahulu address barpada browser sobat, mungkinsobat mengetik alamat yang salah dan server tidak dapat mengenali request yang diminta.
Kode Error 401
Error 401 biasanya terjadi jika kita membuka halaman yang unauthorized, atau membutuhkan log in terlebih dahulu sebelum menuju ke halaman tersebut. Hampir semua situs saat ini akan secara otomatis meminta username dan password terlebih dahulu tanpa menampilkan halaman error 401. Setelah sobat berhasil log in, maka halaman tersebut akan otomatis redirect ke halaman tadi. Tapi masih ada juga website yang akan langsung menampilkan halaman 401, so sobat harus mengenalinya agar tidak langsung pusing menghadapi halaman error 401.
Kode Error 402
Kode error 402 menunjukkan Payment Required Error.
Kode Error 403
Halaman 403 akan muncul jika kita membuka sebuah halaman terlarang. Itu artinya entah domain memang diblock oleh provider internet yang kita gunakan, atau bisa juga IP address kita diblock oleh pemilik website tersebut. Misalnya seperti di Indonesia, maka jika kita membuka website yang diblock oleh pemerintah, seperti situs porno dan situs judi, maka akan muncul kode error ini. Umumnya halaman ini juga berisi pesan peringatan atau pemberitahuan.
Kode Error 404
404 mungkin kode error yang sangat sering kita temui saat sedang menggunakan internet. Halaman error 404 (page not found) akan muncul jika kita membuka halaman yang tidak ada alias non-exist. Kemungkinan halaman tersebut telah terhapus sehingga tidak eksis lagi. Bisa juga jika kita salah mengetikkan alamat. Periksa terlebih dahulu address bar di browser. Jika alamat sudah benar, berarti halaman tersebut sudah dihapus dari peredaran.
Kode Error 408
Kode error 408 berarti Requset Time Out. Artinya adalah waktu request telah habis karena terlalu lama. Biasa terjadi jika koneksi internet sedang lemot, sehingga saat waktu request sudah habis, error 408 akan muncul. Kalau sobat sering mengakses internet menggunakan handphone pasti sering mengalami error seperti ini (request time out). Ulangi request atau refresh halaman tersebut untuk mengulang akses. Jika masih berlanjut, berarti jaringan internet sedang tidak bagus.


Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai berbagai tipe error pada internet.


Cr. Edutecnolife

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]