Mengintip Pembobol Uang di ATM

Berikut sharing berbagai gambar tentang Maling di ATM. Penulis mendapatkan gambar-gambar ini sebelas tahun yang lalu melalui kiriman email seorang teman. Perhatikan tanggal kejadian yang berlangsung tahun 2001

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Pada gambar ini anda lihat seseorang seolah-olah bertransaksi di ATM.

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Sebenarnya dia memasang jebakan pada mesin ATM untuk “menangkap” mangsa (pengguna ATM berikutnya).

Maling ATM
Karena kejahatan ATM ini penuh risiko, orang ini kerja bareng temannya (tim). Tugas si teman mengamati situasi di luar (siapa tahu ada yg lihat) sekalian menunggu mangsa berikutnya.

Maling ATM
Sekarang kita lihat seorang nasabah menggunakan ATM, setelah jebakan terpasang. Dia memasukkan kartunya dan mulai bertransaksi.

Maling ATM
Kartu ATMnya nyangkut dan nasabah tersebut kebingungan, “Lho, kok kartu ATM gue nyangkut ya ?” Eng…Ing…Eng… dewa penolong datang (Nolong atau Nodong ?)

Maling ATM
Tengoklah si Maling pura-pura menolong. Sebetulnya dia ngintip nomor PINnya. (karena dia sudah mendapatkan kartunya).

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Si Culun diyakinkan oleh “si Dogol” bahwa dia dapat mengeluarkan kartunya, jika dia yang menekan PINnya bersamaan dengan Si Culun menekan CANCEL & ENTER.

Maling ATM
Setelah berulang kali mencoba,“si Dogol” meyakinkan bahwa kartunya tetap nyangkut. Si “Dogol” dan Si Culun meninggalkan ATM.

Maling ATM
Saat situasi aman, Si Maling kembali ke ATM untuk mengeluarkan kartu dari jebakan. Dia bukan saja memiliki kartu tapi juga nomor PINnya tanpa diketahui si pemilik


Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Karena sudah punya kartu dan nomor PINnya, santai saja dia meninggalkan ATM dengan US$4.000 tunai di sakunya.


Maling ATM
Jebakannya terbuat dari film XRAY (rontgent), bahan yang paling disukai para maling; Sebabnya sederhana, warnanya hitam serupa dengan lubang atau celah Card reader.

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Jebakannya dimasukkan ke dalam celah ATM. Untuk menjaga supaya film itu tak masuk semua, ujungnya dilipat dan diberi isolasi bolak-balik serta dilekatkan pada bagian luar celah (Card reader).

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Jika ujung film yang telah diberi isolasi ditekan pada permukaan celah, hampir tak mungkin terdeteksi oleh nasabah.

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Pada kedua sisi film ditoreh sedikit dan diplintir. Inilah yang mencegah kartu anda ke luar lagi setelah melakukan transaksi.

Maling ATM | blog.cyber4rt.com
Segera setelah si Maling mendapatkan PINnya. Si Maling melepas lipatan film di mulut celah Card reader dan menarik film yang telah ada kartunya.

Saran:
  1. Saat kartu anda nyangkut, perhatikan sekitar celah Card reader ATM mungkin ada tanda-tanda dirusak. Begitu anda temukan lembaran film mencurigakan segera kelupas dan tarik untuk mengeluarkan kartunya.
  2. SEGERA lapor ke Bank.
Untuk kasus yang terjadi akhir - akhir ini, cara maling ATM berbeda. Yakni, melalui suatu alat yang dinamakan skimmer dan kamera pengintai. Tulisan ini bukan bermaksud untuk mengajarkan melainkan agar para pengguna ATM waspada.

Semoga bermanfaat.
Ahmed Tsar Blenzinky

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]