Mengatasi Masalah Media Upload di WordPress 3.3

Mengatasi Masalah Media Upload di WordPress 3.3Banyak hal yang baru sebenarnya di WordPress 3.3 yang tidak nampak secara kasat mata. Butuh mata programming yang jeli untuk melihat perbedaannya. Salah satunya soal style pada dashboard admin. Bagi sebagian orang, mungkin mengalami masalah dengan WordPress-nya terutama setelah upgrade ke versi 3.3. Secara ajaib, fasilitas untuk uploadnya tidak jalan. Yang tampak hanyalah layar hitam saja tanpa ada tombol browse apalagi fasilitas drag and drop yang banyak dibicarakan di versi 3.3 ini.

Semula saya pikir ada masalah dengan plugin atau themes atau bisa juga karena ada file yang tertinggal saat upgrade. Tapi ternyata bukan itu. Masalahnya justru sangat sepele. Semua masalah itu hanya gara-gara cache.

Seperti diketahui, untuk mempercepat proses load sebuah halaman, maka browser menyimpan file-file tertentu yang sering dibutuhkan. Diantaranya adalah file style.css, file javascript dan file-file gambar baik itu JPG, PNG maupun GIF. Nah, ketika anda membuka web tersebut untuk kedua kali, ketiga kali dan seterusnya, browser akan menggunakan file2 hasil simpanannya itu.

Masalah kemudian terjadi tatkala ada perubahan di file-file itu. Namanya memang masih sama, tapi isinya berbeda. Akhirnya berantakanlah tampilan blog kita khususnya di bagian dashboard.

Maka solusinya sangat mudah, anda harus hapus cache itu dari harddisk. Caranya tergantung browsernya. Jika anda menggunakan Google Chrome, maka lakukan langkah ini:

1. Klik menu Tool (pojok kanan atas dibawah tanda X) lalu Pilihan (Options)
2. Klik menu Dibalik Terpal (yg inggris gak tahu apa namanya)
3. Klik tombol Hapus Data Perambanan
4. Beri centang pada Kosongkan Tembolok
5. Klik Hapus data Perambanan

Jika memakai Firefox:

1. Klik Menu Options – Options
2. Klik Advance
3. Klik Tab Network
4. Klik tombol Clear Now
5. Klik OK

Sekarang anda bisa coba cek apakah dashboard WP anda sudah berfungsi dengan baik

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]