Efek Gonta Ganti Template Blog

Bercerita tentang template saya punya pengalaman yang membuat saya sedikit kecewa. Suatu waktu saya pernah mengganti template blog ini hingga belasan kali dalam satu hari. Memang banyak himbauan agar kita tidak perlu menggonta-ganti template blog yang kita punyai karena berdampak buruk pada SEO. Namun, apa yang saya lakukan hanya melakukan sedikit eksperimen dan pembuktian saja. Pembaca, yang baru memulai aktivitas blogging sebaiknya perlu memperhatikan efek dari gonta ganti tamplate.
"Menggont-ganti template memang membuat blog kita semakin menarik tapi..... ada efeknya juga"
Kenapa ada efeknya?
Efek tesebut terjadi karena kita akan menambahkan beberapa link dan mengganti beberapa link diblog sehingga terjadi crawled error pada blog semakin bertambah.

Saya akan bercerita pengalaman saya tentang gonta ganti tamplate. Tetapi, saya ringkas menjadi point-point yang mungkin bisa menjadi referensi buat pembaca sebelum mengganti template blog pembaca. Efek samping gonta-ganti template adalah sebagai berikut :
  1. Banyak broken link
    Broken link atau link yang rusak menjadi faktor utama kenapa gonta-ganti template itu tidak baik bagi blog kita. Admin blog sering mendapati di webmaster bahwa blog ini semakin banyak broken linknya setelah gonta-ganti tamplate.

  2. Turunnya trafficking visitor ke blog kita
    Efek Gonta Ganti Template Blog
    Screenshot pengunjung blog
    Lihat di periode 16 Juli 2012 hingga ke 21 Juli 2012, anjlognya trafficking ke blog begitu terasa. Saya juga sempat ketar-ketir. kok bisa turun drastis, padahal kala itu sedang naik-naiknya. tapi, Alhamdulillah sudah naik lagi bahkan lebih tinggi dari semula
  3. Robot pencari, akan mengalami "kebingungan" dan susah terindex
    Template ibarat sebuah rumah, jika dirubah-rubah efeknya dapat membuat robot pencari susah meng index situs kita. Karena si robot akan membaca ulang susuan situs kita. Kalau dibahasa kerenkan SE mengalami crawl (aktifitas dimana search engine melakukan pengumpulan data pada blog atau lebih singkatnya melakukan pengindexan terhadap blog dan memberikan peringkat serta menyusun dan menata halaman dalam bentuk index terstruktur agar lebih mudah dicari dalam waktu singkat)

  4. Alexa Rank Blog bisa terjun bebas
    Ini momok yang tidak kalah penting. Alexa sebagai indikator kualitas situs kita terjun bebas gan dari posisi sebelumnya, tetapi sekarang Alhamdulillah mulai bangkit lagi, semoga saja bisa ke level terbaiknya.

  5. Membuang-buang waktu
    Secara nyata mengganti tamplate membuat waktu ideal kita untuk mempostingkan sebuah artikel jadi terbuang sia-sia karena kita sibuk melakukan setting awal, seperti kala kita memulai blogging diawal kita menjadi blogger dulu.

  6. Pengunjung menjadi sering menemukan blog kita dalam kondisi yang tidak sedapIni adalah imbas dari kita yang sedang melakukan perbaikan di blog kita. Pengunjung akan mendapati blog kita dalam kondisi yang kadang bisa dikatakan Error. Parahnya lagi pengunjung akan mengalami kebingungan dengan blog kita.

  7. Loading Blog menjadi lebih lama
    Momok ini lah yang kadang menjadi menakutkan karena pada dasarnya kita menginginkan blog kita selain sedap dipandang mata juga memiliki loading yang singkat (syukur-syukur baru klik langsung buka)

  8. Widget yang susah dibuang kadang ikut terbawa
    Widget bawaan tamplate yang mungkin saja susah dibuang seperti widget ads atau yang lainnya biasa saja ikut terbawa dan membuat kita harus mengedit blog lebih lama lagi

  9. Widget yang sudah tertanam menjadi kacau
    Inilah efek umum yang sering dialami. widget di template lama sering menjadi kacau akibat susunan dari template baru yang tidak sesuai dengan susunan di template lama
Itulah konsekuensi yang harus kita tanggung ketika kita menggonta-ganti tamplate blog dan itu pun sudah pernah saya lakukan. mungkin bagi pengunjung yang baru berkunjung di blog ini meresa biasa saja.Tetapi, bagi pengunjung yang sering menemukan blog ini pasti akan sedikit mengalami kebingungan.

=====Saran======
Bagi pembaca yang ingin mengganti template bisa memperhatikan saran berikut ini :
  1. Backup template lama
  2. Coba dulu di blog percobaan sebelum mengganti tamplate
  3. Pelajari terlebih dahulu template baru yang mau mengganti template lama
Sekian dari saya, terimakasih.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]