Posting Terjadwal di Facebook

Facebook mengendalikan bagaimana kiriman (posting) bisa dilihat oleh orang lain di jejaring. Salah satu faktor pemengaruhnya adalah darimana kiriman itu berasal.

Menurut mysocialmediava.com, blog milik sebuah perusahaan konsultan di bidang media sosial, kiriman yang dibuat langsung melalui halaman Facebook akan meningkatkan keterbacaan di jejaring. Lalu apa hubungannya dengan fitur kiriman terjadwal ini? 

Pada dasarnya, Facebook menggunakan sistem yang disebut EdgeRank, yang menentukan seberapa jauh kiriman Anda tersebar berdasarkan ukuran tertentu.

Kiriman dengan EdgeRank tertinggi, biasanya akan nangkring di puncak Peladen Berita Facebook (News Feed) melalui  serangkaian kecil proses pengacakan. Komponen yang mempengaruhi EdgeRank adalah Affinity, Bobot, dan Waktu. Dari situs www.v3im.com, bisa kita lihat penjelasan untuk masing-masing komponen: 
  1. Affinity. Komponen ini menghitung hubungan berdasarkan interaksi. Anda akan memiliki skor tinggi pada komponen ini, terhadap pengguna lain yang merupakan teman dekat yang mana Anda lebih sering berinteraksi. Misalnya, jika Anda sering membuat komentar di halaman sebuah merek, Anda akan memiliki skor lebih tinggi daripada pengguna lain yang tak pernah berkomentar, atau berinterakasi sama sekali. Artinya, Anda akan lebih sering melihat kiriman dari merek ini daripada pengguna lain.
  2. Bobot (Weight). Setelah komponen Affinity Score, Facebook juga menghitung bobot dari Edge. Komponen ini membedakan jenis interaksi: Komentar atau turut membagikan sebuah kiriman, jauh lebih tinggi skornya daripada sekedar menekan tombol Suka (like).
  3. Waktu (Time). Waktu, selalu menjadi komponen penting. Sebuah Edge (bisa berupa tautan atau konten lain yang di dikirimkan) yang sudah lama, semakin tidak relevan, dan karenanya akan semakin sulit ditemukan karena skor EdgeRank-nya makin kecil.
Faktor lain yang membuat kiriman Anda bernilai rendah, adalah karena menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengirim pembaruan. Ini berdampak kiriman Anda sulit menjangkau lebih banyak pengguna di jejaring.

Misalnya ketika Anda menjadwalkan kiriman untuk posting di Facebook Page dari akun HootSuite. Kiriman Anda mungkin memiliki peringkat lebih rendah dari kiriman yang dilakukan secara langsung melalui Halaman Facebook.

Alat penjadwalan yang disediakan Facebook akan banyak membantu mengatasi masalah ini. Artinya, kita dapat menjadwalkan kiriman langsung di Facebook pada waktu yang tepat, dan tetap memiliki EdgeRank yang bagus, karena dikirim langsung dari Facebook.

Contoh Kiriman terjadwal di Facebook Hanya dengan memanfaatkan ikon Jam di kiri bawah kotak Facebook, Anda dapat membuat kiriman sesuai waktu aktifnya jejaring Anda.

Kemungkinan untuk menjadi kiriman yang dipromosikan di Peladen Berita, akan lebih tinggi sehingga memungkinkan dibaca lebih banyak orang.

Caranya sangat mudah, seperti yang tampak pada gambar di samping. Pada kotak pembuat kiriman di Facebook, di bagian kiri bawah ada dua ikon: Jam, dan Lokasi.


Untuk membuat kiriman terjadwal, klik ikon Jam, dan akan muncul menu untuk mengatur kapan kiriman tersebut akan terkirim ke kronologi Facebook. Anda akan diminta  mengatur tahun, bulan, hari, dan jam kiriman.

Berdasarkan percobaan, tidak ada notifikasi dari Facebook setelah membuat kiriman terjadwal. Untuk memeriksa kiriman-kiriman yang telah dijadwalkan, Anda harus menuju menu "Sunting Halaman", dan klik menu "Gunakan Log Aktivitas". Dari sana, barulah tampak semua kiriman yang sudah dijadwalkan. Anda masih bisa menyunting waktu penjadwalan, atau membatalkannya. Jika Anda berubah pikiran, dapat pula mengirim konten tersebut saat itu juga, tanpa penjadwalan.

Sumber: youngblah.com

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]