iGoogle Rencana Akan Ditutup

iGoogle Rencana Akan Ditutup
Google bersih-bersih lagi. Kali ini, Google berencana menutup lima layanan sekaligus. Ini bukan pertama kalinya Google "membunuh" layanan yang jarang digunakan oleh pengguna Internet. Sebelumnya, Google juga sudah beberapa kali menutup layanannya seperti Wave, Buzz (cikal bakal Google+), Knol (ensiklopedia milik Google) dan Gears.


Diantara 5 layanan yang akan ditutup, yang paling menonjol adalah layanan iGoogle. Mirip dengan Netvibes, MyYahoo atau Pageflakes yang sekarang juga sudah ditutup, iGoogle adalah dashboard untuk web, yang memungkinkan pengguna untuk menanamkan gadget seperti cuaca, email dan berita.

Ketika iGoogle pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, iGoogle sebenarnya adalah sebuah layanan yang terkesan "ikut-ikutan", menduplikasi fitur yang ditemukan di layanan lain, tetapi dengan menambahkan gadget berbasis Google lainnya. Akhirnya gadget iGoogle tumbuh dengan mencakup segala sesuatu dari feed readers menjadi permainan berbasis web.

Mengutip pertumbuhan aplikasi mobile dan web yang "lebih personal, informasi real-time di ujung jari Anda," kata Google "kebutuhan terhadap  iGoogle telah terkikis dari waktu ke waktu."

Penggemar iGoogle tidak perlu panik dulu, Google tidak berencana untuk benar-benar menutup layanan i Google sampai 1 November 2013. Agaknya Google melihat + Google sebagai pengganti. Alternatif lainnya termasuk Netvibes dan MyYahoo, yang keduanya juga menawarkan dashboard homepage berbasis widget. Anda juga bisa menggunakan UStart dan ProtoPage sebagai pengganti iGoogle.

Selain iGoogle, Google juga merencanakan akan menutup 4 layanan lainnya yaitu pencarian aplikasi Symbian, Google Talk Chatback (sebuah widget embeddable Google Talk), Google Video dan Google Mini, bagian dari layanan pencarian enterprise Google.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]