Virus Ini Menyebar Setiap Tanggal 13

Beberapa jenis virus selalu bangkit dan menyebar setiap tanggal 13 jatuh yang pada hari Jumat. Mungkin, pencipta virus tersebut ingin memberi efek menyeramkan seperti film-film horor.

Virus Ini Menyebar Setiap Tanggal 13

Yudhi Kukuh, seorang konsultan teknis dari ESET Indonesia mengatakan bahwa beberapa virus mungkin telah beredar dengan varian baru yang lebih berbahaya. Ia menyampaikan hal tersebut melalui keterangan tertulis yang rilis pada Kamis, 12 Juli 2012. Berikut virus-virus yang muncul pada Jumat tanggal 13:

1. Jerusalem

Virus ini memiliki berbagai macam varian dan menyerang file-file dengan ekstensi .exe dan .com. Efek jika ia sukses menyerang file .exe maka program tersebut akan hilang dari sistem sehingga muncul peringatan “file not found”.

2. Xeram

Virus ini akan berjalan ketika kita membuka file yang telah terinfeksi virus tersebut pada tanggal 13 hari Jumat. File yang biasanya terinfeksi adalah file-file dengan ekstensi NAV_._NO, CHLIST.MS dan SCANVAL.VAL.

3. Smeg

Sama seperti Jerusalem, virus ini mengincar file dengan ekstensi .COM. Hanya saja Smeg lebih sederhana. Bila kita menjalankan program yang telah terinfeksi, maka akan muncul pesan dari sistem yang berbunyi “This program requires Microsoft Windows and the infected program will not be executed “.

4. Worm Code Red

Virus ini hanya menyerang web server, itu pun yang berbasis NT 4.0 + IIS 4.0 atau W2K + IIS 5.0. Targetnya adalah file dengan ekstensi .IDA. Jika tanggal 13 jatuh pada hari Jumat, admin web server akan mengirim begitu banyak informasi sehingga web server mengalami buffer yang sangat besar.
Menurut sebuah organisasi yang mengkoordinasikan informasi-informasi mengenai keamanan internet, “Code Red” telah menginfeksi 225.000 host. Mengakibatkan jutaan pemakai tidak bisa mengakses web mail karena worm ini berhasil menyerang salah satu domain registration.

Namun, menurut Kukuh, virus-virus ini merupakan malware yang sudah lama. Kemungkinan besar sudah terdeteksi antivirus yang di-update dengan baik. Ia juga menambahkan bahwa ESET dapat mengidentifikasi keempat virus tersebut.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]