Kelemahan Pada Browser Android

Demonstrasi kecil yang di lakukan pada saat konferensi RSA (Rivest-Shamir-Adleman), mengungkapkan bahwa sebuah bad link yang di klik oleh pengguna smartphone dapat membahayakan pengguna smartphone tersebut, karena bisa saja link yang di kliknya adalah link seseorang yang ingin menyerang anda. Jika hal ini terjadi akan banyak dampak yang terjadi. Diantaranya adalah, penyerang bisa mengendalikan secara keseluruhan ponsel yang diserang, selain itu penyerang juga bisa merekam panggilan telpon, mencegah pesan teks masuk (SMS), dan bisa melacak keberadaan korban.

Kelemahan Pada Browser AndroidPada demonstrasi tersebut mereka menampilkan demonstrasi yang pertama kalinya untuk publik menggunakan sistem end-to-end, dan dikatakan sistem ini dapat mengambil alih ponsel dari jarak jauh menggunakan bad link.  Biasanya serangan yang dilakukan bertujuan untuk mencuri kekayaan intelektual atau informasi berharga suatu perusahaan dan eksekutif mereka. Jika hal ini terjadi, maka akan merugikan korban.
Dalam demonstrasi tersebut George Kurtz memainkan sebuah skenario hacking ponsel yang menggunakan ponsel Android yang tidak dimodifikasi. Ia memerankan sebagai investor sibuk di sebuah acara, dan ia menerima pesan yang meminta dia  untuk mendownload pembaruan perangkat lunaknya (update), saat ia mengklik link pada pesan ponselnya, tiba-tiba browser pada ponselnya rusak dan secara otomatis mereboot. Setelah ponsel di restart, pada tampilan tak terlihat ada perubahan, tetapi secara tersembunyi sebuah aplikasi terinstall lalu penyerang bisa dengan leluasa menyerang ponsel korban. *mudah sekali bukan?

Hal ini bisa terjadi karena penyerang memanfaatkan bug (ketidak sempurnaan aplikasi) pada browser Android, bahkan Android versi 2,3 pun masih terdapat bug pada browsernya. Selain Android terdapat banyak bug juga pada Apple iPhone, perangkat iPad, Blackberry, dan TV Google.

Gimana tuh? Serem kan, jadi kita harus semakin berhati-hati dalam penggunaan teknologi dimasa sekarang ini.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]