Bertahan Hidup Tanpa Bernafas

Bernapas merupakan aktivitas menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Bernapas menjadi sebuah kebutuhan dan ciri utama makhluk hidup. Tak terkecuali manusia. Apa jadinya kalau kita tidak bisa bernapas ? resikonya jelas akan mengalami kematian.


Namun, baru-baru ini sebuah penelitian telah menemukan teknologi untuk menyuplai oksigen ke organ manusia, tanpa harus bernapas. Temuan itu dikembangkan oleh tim peneliti Boston Children’s Hospital Amerika. Mereka menemukan teknologi injeksi oksigen langsung ke pembuluh darah, sehingga bisa langsung disalurkan ke organ vital lain secara cepat.

Teknologi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pasien yang mengalami kegagalan fungsi paru-paru yang membuat pasien tidak bisa bernapas dan menyuplai oksigen ke darah. Tim peneliti menggunakan mikropartikel berisi gas oksigen yang kemudian disuntikkan langsung ke pembuluh darah, sehingga dapat mengembalikan kadar oksigen  menjadi normal dalam hitungan detik. Partikel tersebut dibuat dari molekul lemak yang sudah diberi gas oksigen.

Tim peneliti sudah menguji teknologi tersebut pada hewan, dan terbukti berhasil. Dalam beberapa percobaan objek berhasil bertahan hidup tanpa bernapas selama kurang lebih 15 menit.

Sumber: http://www.huffingtonpost.co.uk/2012/06/28/breathe-without-breathing-blood_n_1633204.html?utm_hp_ref=technology&ir=Technology

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]