Proses Facebook Menangani Laporan "Report Abuse"

Proses Facebook Menangani Laporan "Report Abuse"
Banyak dari pengguna Facebook, termasuk kita, mungkin sering melihat postingan yang dianggap tidak sesuai atay tidak disukai, entah itu berupa postingan hinaan, gambar porno, atau hanya sekedar perkataan atau komentar berbau alay yang sedikit menyebalkan. 

Dan tepat di sebelah kanan kolom postingan, Ada sebuah tombol kecil yang disebut dengan 'report abuse'. Ya, mungkin sebagain dari Anda telah menggunakan tombol tersebut saat melihat postingan yang dianggap tidak sesuai, atau setidaknya pernah terbersit untuk mencoba. 


Di luar hal itu, pernahkah terpikir apa yang akan terjadi jika tombol tersebut ditekan atau di-klik? Atau bagaimana proses pelaporan itu ditindak lanjuti?


Kini sebuah postingan blog yang dirilis oleh Facebook menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana proses 'report abuse' yang dilakukan dalam situs jejaring sosial terbesar di dunia itu. Dan tidak seperti yang kita bayangkan, proses yang harus dijalankan ternyata sangat kompleks. 

Seperti yang dikutip Daily Mail, tim report abuse yang dimiliki Facebook tersebar di berbagai belahan dunia, mulai dari markas besarnya di AS hingga India. Mereka berkerja secara terus menerus selama 24 jam dalam seminggu.

"Ratusan pegawai Facebook berada di kantor di seluruh dunia untuk memastikan dapat menangani semua laporan," demikian tulis pihak Facebook dalam blog tersebut. "Sebagai contoh, saat departemen Operasi pengguna (Operational Users) di Menlo Park selesai bekerja, maka rekan mereka di Hyderabad akan mulai bekerja dan melanjutkan tugas menjaga agar situs dan pengguna aman,"


Dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 900 juta yang tersebar hampir di seluruh dunia, tim report abuse juga menangani laporan dalam 24 bahasa. Makanya Facebook membuat sebuah struktur dalam tim demi melayani ratusan juta laporan yang masuk setiap harinya.


Untuk memudahkan, tim Operasi pengguna dibagi ke dalam empat kelompok dengan klasifikasi report yang berbeda, yakni Safety Team, Hate and Harrashment Team, Access Team, dan Abusive Content Team.


Jika seseorang melaporkan sebuah konten, yang mana tergantung dari alasan pelaporan, maka akan diproses oleh salah satu dari keempat tim ini. Sebagai contoh, jika pengguna melaporkan konten gambar yang berisi kekerasan, maka laporan ini akan diproses oleh Safety Team.


Setelah itu, jika salah satu dari tim ini menemukan bahwa laporan yang diberikan memang melanggar salah satu kebijakan Facebook (Facebook's policies or Statement of Rights and Responsibilities), maka mereka akan menghapus gambar itu dan memperingati pengguna yang mempostingnya.


Sebagai tambahan, tim tersebut juga dapat membatasi kemampuan pengguna untuk melakukan share konten tertentu atau membatasi pengguna menggunakan fitur-fitur tertentu yang ada dalam Facebook. Dan jika dibutuhkan, mereka juga berhak menonaktifkan akun pengguna bahkan hingga membawa kasusnya ke pihak berwajib.


Bagaimana? jika Anda menganggap hal ini sangat rumit, maka Facebook memberikan gambaran mudah dengan bentuk infographic.

Proses Facebook Menangani Laporan "Report Abuse"
klik gambar untuk memperbesar

(as/dailymail)

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]