Trik Instalasi Android SDK Starter Package di Ubuntu

Android SDK Starter Package merupakan sebuah tool development yang memungkinkan Anda membuat aplikasi untuk platform Android. Android SDK sendiri mencakup dari sampel project dengan kode sumbernya, tool development, sebuah emulator, dan librari (baca: file pendungkung) yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi Android. Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman Java, dan dijalankan pada Dalvik Debug Monitor Server (ddms), yang merupakan mesin virtual yang dirancang khusus untuk penggunaan embedded yang berjalan di atas kernel Linux. 


Pada kesempatan ini saya bukan ingin membuat aplikasi Android, akan tetapi saya menginstall Android SDK Starter Package dengan alasan agar nantinya saya bisa mengontrol dan bereksplorasi lebih jauh menggunakan My Android Phone di Ubuntu. Android SDK Starter Package merupakan syarat utama yang harus Anda install  jika ingin bereksplorasi lebih jauh dengan ponsel Android. Dengan bantuan Android SDK nantinya Anda bisa melakukan kontrol penuh terhadap ponsel Android, selain itu bagi yang belum memiliki ponsel Android, dengan bantuan tool ini Anda juga bisa mencoba menggunakan sistem operasi Android dengan bantuan emulator. Mungkin pada kesempatan selanjutnya saya akan menulis bagaimana menjalankan platform Android menggunakan emulator.

Selanjutnya bagaimana cara menginstall  Android SDK Starter Package di Ubuntu ? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Pertama-tama download paket Android SDK Starter Package untuk sistem Linux dari http://developer.android.com/sdk/index.html.




Setelah proses download selesai, langkah selanjutnya yaitu mengekstrak file Android SDK Starter Package tersebut. Kemudian masuk ke direktori android-sdk-linux_86/tools/, Open file android pilih Run.



Nantinya akan muncul jendela Android SDK and AVD Manager.



Langkah selanjutnya yaitu mengintall paket-paket Android SDK, pada tahapan ini Anda diharuskan terkoneksi dengan internet. Disini Anda bisa memilih platform Android yang diinginkan, ceklist paket yang ingin didownloadPilih Available packages > Install Selected.




Kemudian pilih Accept All dan Install. Disini saya juga menginstall paket mendownload paket Galaxy Tab Addon by Samsung Electronics.

  

Tunggu sampai proses download selesai.



Jika nantinya muncul pemberitahuan ABD Restart, pilih Yes. Itu menandakan proses download paket-paket Android SDK sudah selesai dan sekarang Anda sudah bisa menggunakan Android SDK. Pada kesempatan selanjutnya saya akan sedikit membahas penggunaan dari tool Android SDK ini.
info : http://developer.android.com

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]