Cara Menghindari Keylogger

Cara Menghindari Keylogger 

Keylogger berasal dari kata keylog, yang merupakan singkatan dari keystroke logging, artinya kegiatan mencatat atau merekam semua aktifitas pada keyboard. Berarti keylogger itu sendiri adalah alat untuk merekam tombol-tombol mana saja yang ditekan oleh user. Bagaikan pisau bermata dua, keylogger ini bisa dimanfaatkan secara positif tetapi juga secara negatif. Dampak positifnya, keylogger bisa digunakan oleh orang tua untuk mengawasi aktifitas anak saat berkomputer atau sebagai parental control. Sedangkan sisi negatifnya, ia bisa digunakan oleh orang-orang tidak bertanggung-jawab untuk mencuri password atau data-data penting lainnya tanpa disadari.

Keylogger dibedakan menjadi dua, yaitu keylogger yang berupa perangkat keras dan keylogger yang berupa software. Keylogger yang berupa perangkat keras biasa berbentuk kamera pengintai atau berupa alat yang dipasang sebagai perantara antara keyboard dan komputer yang terpasang langsung atau dijepitkan pada kabel keyboard. Alat-alat ini akan mendeteksi setiap tombol yang ditekan oleh user. Adapun keylogger berbentuk software merupakan program yang akan berjalan di belakang layar seperti halnya virus, yang mendeteksi setiap input keyboard.  Dalam pembahasan ini, kita akan lebih fokus pada jenis keylogger yang berupa software.

Kalau anda membuka situs-situs penyedia download dan mencari dengan menggunakan kata kunci keylogger, maka anda akan mendapatkan cukup banyak program keylogger tersedia. Bahkan sebagian di antaranya bersifat gratis. Walaupun program ini bisa dimanfaatkan secara positif misalnya untuk pengawasan anak, tapi bagi kita pengguna komputer, tentunya adanya software keylogger akan menimbulkan perasaan tidak nyaman jika menggunakan komputer umum seperti komputer di kantor atau di warnet, karena bisa jadi password atau data penting kita akan dicuri oleh orang lain. Oleh karenanya, perlu kiranya kita mengetahui cara-cara preventif untuk mencegah password atau data penting kita diambil oleh orang lain lewat program keylogger.

Di sini saya akan utarakan beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa berkomputer secara aman dari program keylogger.

1. Menggunakan On-Screen Keyboard

Jika komputer anda menggunakan sistem operasi Windows, maka anda bisa memanfaatkan program On-Screen Keyboard, yaitu sebuah program bawaan Windows yang menampilkan sebuah keyboard visual yang berisi semua tombol-tombol standar. Anda cukup mengklik setiap tombol pada layar monitor anda. Ini sangat baik digunakan saat mengisi username dan password saat login di situs-situs tertentu di internet seperti situs-situs yang menyediakan layanan email, dan lain-lain.

Untuk menjalankan program ini, jika anda menggunakan Windows Vista, klik tombol Start > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard. Untuk pengguna Windows XP, klik tombol Start > All Programs > Accessories > Accessibility > On-Screen Keyboard.

2. Menggunakan Program KeyScrambler pada Browser Firefox

Bagi anda yang senang atau terbiasa berselancar di internet dengan menggunakan Mozilla Firefox, menggunakan add-on KeyScrambler adalah salah satu cara mengatasi keylogger. KeyScrambler berfungsi mengenkripsi setiap ketikan yang dilakukan user sehingga tulisan asli yang diketikan tidak akan tertangkap oleh keylogger. Jadi kita bisa berinternet dengan lebih aman. Program add-on ini dapat didownload dari situs https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3383. Atau anda bisa mencarinya di Google.

3. Menggunakan Software Anti-Keylogger

Anda bisa mencari software-software anti keylogger lewat Google atau langsung ke situs-situs penyedia download seperti Download.com, Softpedia.com, atau yang lainnya. Namun jika komputer anda sudah terinstall software antivirus, maka anda tidak perlu khawatir. Karena program keylogger termasuk kategori program yang akan dihapus oleh program antivirus. Anda cukup menjaga agar program antivirus anda selalu terupdate.

4. Cara Lain
Ada cara lain yang cukup unik untuk mengelabui program keylogger dalam menangkap password yang anda ketikkan, yaitu dengan mengetikkan huruf-huruf acak di dalam password, lalu kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tersebut. Misalnya password anda adalah “royal”, maka anda bisa menuliskan dua huruf pertama lebih dahulu, yaitu “ro” lalu mengetikkan huruf-huruf acak seperti “ytjhfj234″, lalu disambung lagi dengan sisanya yaitu “yal” dan diakhiri dengan beberapa huruf-huruf acak lainnya seperti “rhgwc7″. Maka yang akan dideteksi oleh keylogger seperti ini: “roytjhfj234yalrhgwc7″. Lalu anda kemudian menghapus kembali huruf-huruf acak tadi dengan cara menyortir lalu menekan tombol DELETE, sehingga tulisannya kembali menjadi “royal”. Cara ini cukup unik namun bisa dijadikan alternatif.

Mudah-mudahan informasi cara menghindari keylogger ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]