Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda


Cara terbaik untuk mempercepat gadget Android kesayangan Anda adalah dengan melakukan reset pabrik, tapi sebaiknya Anda menghindarinya. Berikut merupakan cara-cara untuk menjaga hal-hal yang mungkin dapat menjadi masalah nantinya. Anda tidak perlu melakukan kesemua langkah berikut, pilihlah yang menurut Anda perlu untuk dilakukan.

Langkah 1
Hapus pesan teks lama. Jika Sobat tidak rutin memeriksa kota pesan Anda jangan terkejut jika ada beberapa banyak tumpukan pesan-pesan di sana, dan sebagian besar pasti Anda benar-benar tidak membutuhkannya. Coba download aplikasi  Delete Old Messages dari Google Play. Ini adalah aplikasi gratis sederhana yang akan menghapus semua pesan berdasarkan spesifikasi Anda. Misalnya, katakanlah untuk menghapus semua pesan yang lebih tua dari 1 bulan yang lalu. Aplikasi ini juga menawarkan pilihan tuning lebih baik untuk pengguna pro, tapi versi gratis saja sepertinya sudah cukup. Jika Anda mengirim dan menerima pesan hingga 500 pesan per bulan, maka melakukan penghapusan rutin 1 atau 2 minggu mungkin lebih masuk akal.
Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda

Langkah 2
Uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Kita seringkali men-download sebuah aplikasi untuk mencobanya tapi selang berapa lama kemudian melupakannya karena tidak terlalu diperlukan. Nah, sekarang adalah saat yang baik untuk melihat semua aplikasi Anda, dan jika ada aplikasi yang Anda tidak gunakan, uninstall segera! Pasti Anda sudah mengetahui cara meng-uninstall sebuah aplikasi. 

Langkah 3
Bersihkan cache dari aplikasi dan browser Anda. File cache adalah file sementara yang dibuat oleh semua aplikasi. Ini dapat menyita banyak ruang dan menguras memori, terutama untuk aplikasi yang tidak Sobat gunakan dengan sering. Ada sejumlah aplikasi yang akan membersihkan cache. Easy Cache Cleaner. Setelah membuka aplikasi, aplikasi ini akan memindai semua aplikasi Anda dan memberitahu Anda jumlah total file cache. Di bagian atas, Anda akan melihat opsi untuk "Clean All". Seluruh proses dari membuka aplikasi untuk membersihkan semua cache akan memakan waktu kurang dari satu menit. Sayangnya banyak aplikasi ini tidak bekerja dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sehingga terpaksa Anda harus secara manual menghapus cache untuk setiap aplikasi. Hanya pastikan untuk klik "Clean All " BUKAN "Clean Data". 

Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda

Langkah 4
Pindahkan aplikasi ke kartu SD. Jika Anda memiliki ponsel yang lebih tua dengan penyimpanan internal terbatas, memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD merupakan ide yang sangat baik. Lalau bagaimana melakukanya? Mudah,  silahkan download Apps2SD dari Google Play. Aplikasi ini akan memberikan informasi mana saja aplikasi yang dapat dipindahkan dan mana yang tidak. Disarankan sebaiknya dimulai dengan aplikasi yang jarang diguanakan. Jika Anda tidak ingin untuk menggunakan aplikasi ini maka Anda dapat meng-uninstall dari perangkat. Apps2SD kebetulan memiliki built in cache cleaner sehingga kita dapat memanfaatkan aplikasi ini seperti sebagaimana Easy Cache Cleaner dari langkah 3.


Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda


Langkah 5
Hapus file yang tidak terpakai pada kartu SD Anda dan pada perangkat Anda. Memanfaatkan kartu SD untuk aplikasi sebenarnya oke-oke saja, tetapi Anda harus melewati dan mencari file yang tidak diperlukan. Kadang-kadang aplikasi yang telah Anda uninstall meninggalkan folder yang masih tersisa. Hapus semua! Kemudian coba lihat foto Sobat, Apakah Anda benar-benar membutuhkannya semua? Begitu juga dengan file musik. Hapus apa yang tidak Anda butuhkan. Anda dapat melakukan ini dengan menghubungkan telepon ke komputer melalui USB atau melalui aplikasi yang disebut Astro File Manager dari Google Play.

Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda


Langkah 6
Hapus email sampah. Jika Anda menggunakan aplikasi email yang bukan Gmail mungkin ada banyak email yang tidak diinginkan di folder sampah. Sayangnya tidak ada cara mudah untuk "menghapus semua email" di folder sampah sehingga Anda mungkin harus benar-benar menghapus akun email dari ponsel dan memasangnya kembali. Ini akan memulai sesuatu dari awal, tapi jika email Anda berbasis IMAP, maka hal ini bukanlah masalah besar. Jika Anda menggunakan account POP, Anda akan kehilangan semua "non trashed" email yang ada di droid Anda. Dalam hal ini Anda mungkin harus menghapusnya secara manual yang bukan merupakan  tugas yang mudah. sangat disarankan menghapus account email yang ada pada droid Anda dan kemudian men-setting ulang, sedikit meropotkan tapi ini tidak akan memerlukan waktu yang lama.

Jika Sobat merasa 6 langkah diatas tidak cukup, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan factory reset. Perlu dipastikan bahwa Anda telah mem-back up semua hal yang penting SEBELUM  melakukan factory reset.

Itulah tadi Cara Mempercepat Gadget Android Kesayangan Anda, selamat mencoba dan semoga bermanfaat buat para Androider.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]