Cara Membuat Web Hosting Gratis di Youhosting

Buat teman-teman yang tertarik ingin membuat situs penyedia hosting gratis silahkan simak baik-baik panduan berikut ini.

Langkah 1

Daftar dan Buat Domain untuk situs kamu (gunakan saja domain gratis misal : www.dot.tk atau www.co.cc)

Buat Domain utama yang akan kamu gunakan sebagai alamat situs penyedia layanan hosting gratis punya kamu sendiri.

- pertama, masuk ke situs www.dot.tk atau ke www.co.cc
- lakukan pendaftaran untuk mendapatkan Akun buat kamu. (saya mendaftarkan freehostindo.co.cc)
- Setelah memiliki Akun di www.co.cc lalu buatlah nama Domain yang kamu inginkan.


(dalam tutorial ini saya pakai contoh registrasi di www.co.cc, namun kamu saya sarankan gunakan www.dot.tk karena ternyata lebih handal)

- Setelah berhasil mendapatkan nama domain lalu klik Set Up dan masukkan Name Server untuk domain kamu itu. Name Server-nya adalah:

NS1.MAIN-HOSTING.COM
NS2.MAIN-HOSTING.COM
NS3.MAIN-HOSTING.COM
NS4.MAIN-HOSTING.COM
NS5.MAIN-HOSTING.COM

Masukkan Name Server
(Dalam langkah pertama ini sebenarnya akan lebih baik jika kamu menggunakan nama domain premium seperti .com atau .net agar situs hosting pribadimu nanti terlihat lebih professional, namun jika sekedar untuk latihan silahkan gunakan .co.cc)

Setelah semua beres, lalu tutup saja www.co.cc dan lanjut ke langkah ke 2

Langkah ke 2

Daftar Reseller Hosting Gratis dari Youhosting.com dan Buat Situs Layanan Hosting Gratis

1. Buka www.youhosting.com
2. Mendaftarlah disana dengan klik Sign Up, lalu isi form Pendaftarannya, ikuti petunjuknya sampai selesai.

Masukkan nama domain sebagai nama situs hosting gratismu
  
3. Setelah selesai pendaftaran, buka email yang kamu gunakan untuk mendaftar, disana seharusnya sudah ada email konfirmasi dari Youhosting, klik saja link konfirmasi untuk mengaktifkan Akun kamu.

4. Setelah Akun aktif, lalu Log In lah dengan Akun kamu tersebut.

Setelah Log In tugas kamu sekarang adalah melakukan setting dan pembuatan halaman utama situs penyedia hosting gratis punya kamu sendiri.

1. Install dulu halaman utama situsmu, yaitu dengan masuk ke menu Look and Feel – Install Main Website

Buat halaman situsmu (main website)

Atau jika tidak berhasil, buat saja situs utamanya dengan PHP lalu install/upload-lah melalui File Manager di Control Panel hostingmu. Bagi yang tidak menguasainya ada cara mudah, yaitu mendesain situs utamanya dengan Wordpress. Maksudnya yaitu kita buat situs utama penyedia hosting gratis punya kita tersebut dengan menginstall-nya dengan CMS wordpress (install melalui Control Panel hosting). 

Caranya; 
Masih dari halaman setting atau pengaturan Youhosting, lalu kamu pilihlah menu Configuration, lalu pilih Master Domains, setelah itu akan tampil Domain utama situs kamu pada kolom sebelah kanan, selanjutnya klik saja pada pilihan Manage. (Lihat gambar dibawah ini sebagai panduan).

Klik Manage untuk masuk ke cpanel hosting
Setelah itu nanti kamu akan menuju halaman Control Panel hosting.
Kemudian, dari Cpanel hosting inilah kamu mulai buat situs/website utama untuk situs penyedia hosting gratis punya kamu. Agar proses pembuatannya cepat saya sarankan gunakan saja fasilitas AutoInstaller yang sudah disediakan, lalu nanti pilihlah Wordpress untuk platform situs kamu saat install nanti.

Auto Installer pada Cpanel Hosting

Setelah proses install selesai, lalu coba buka alamat situsnya, apakah sudah jadi?

Setelah situs utamanya jadi/berhasil dibuat, lalu kembali lagi ke halaman pengaturan pada Youhosting untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

2. Selanjutnya yaitu membuat form untuk Pendaftaran calon User. 
Jadi bagi orang/user yang ingin membuat akun di situs hostingmu nanti mereka itu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, untuk itu kita harus menyiapkan form pendaftarannya.

Caranya : 
Klik saja pada menu Look and Feel – Client Sign-Up Form, lalu pada halaman sebelah kanan pilihlah pertanyaan apa saja yang akan kamu tampilkan dalam Form pendaftaran hosting di situsmu.


Membuat form untuk pendaftaran user

3. Setelah merasa cukup, lalu Copy script yang diberikan, selanjutnya Paste-kan script tersebut pada template halaman situs utama yang akan kamu gunakan sebagai situs penyedia hosting. 

Halaman posting Wordpress

(Seperti saya contohkan tadi, jika membuat situsnya menggunakan CMS Wordpress maka Paste saja pada bagian form seperti ketika membuat Posting, pastikan posisi posting pada pilihan HTML), tentunya sebelumnya kamu harus Log In dulu ke situs wordpress kamu (biasanya log in melalui alamat http://alamatsituskamu.co.cc/wp-admin).

4. Sedangkan form Log In dan form “Reset Password” bisa kamu buat dengan cara Copy Script dari halaman pengaturan Client Sign Up Form diatas lalu Paste pada bagian Widget (Text) situs utama kamu (untuk yang menggunakan wordpress seperti contoh saya tadi).

5. Setelah itu Save/Simpan, dan lalu lihat hasilnya.

Jika kamu mengikuti panduan saya ini dengan cermat saya yakin sampai langkah ke-2 poin ke-5 diatas maka berarti kamu sudah memiliki sebuah situs penyedia hosting gratis milik kamu sendiri (tentunya merupakan reseller hosting gratis dari Youhosting.Com).

Selain pengaturan utama seperti diatas, kamu bisa juga mempercantik situs penyedia hosting gratismu dengan tampilan dan logo buatan kamu sendiri agar terkesan lebih professional dan tidak begitu terlihat layaknya reseller hosting gratisan.

Saya contohkan, pada situs penyedia hosting gratis http://worldfiles.tk/ disana sudah di ubah tampilan halaman Log In Control Panel dan halaman Log In webmail dengan tampilan dan logo buatan sendiri.

Jika kamu ingin merubah tampilan situsmu silahkan coba saja edit melalui menu Look and Feel – Logo Header Footer

Modifikasi tampilan situs dan logo

Demikian panduan dan setting utama yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah situs penyedia hosting gratis dengan memanfaatkan layanan reseller hosting gratis dari Youhosting.com

Sumber: http://ada-gratis.blogspot.com

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar yang sopan yah !!

[ Categories ]